Cara dan Syarat Daftar Kartu Kuning

Tuesday, May 2nd, 2017 - Umum
Advertisement

Cara dan Syarat Daftar Kartu Kuning – Daftar pencari kerja dari tahun ke tahun semakin meningkat. Begitu juga jumlah pengangguran di Indonesia juga semakin bertambah. Minimnya ketersediaan lapangan pekerjaan menyebabkan teman-teman kita sulit mendapatkan pekerjaan. Akan tetapi, pekerjaan impian kita akan mudah di dapatkan apabila kita gigih dan pantang menyerah mencari informasi lowongan pekerjaan. Informasi lowongan pekerjaan sekarang sudah sangat banyak kita temukan di berbagai media, seperti media cetak, media elektronik, dan media online. Jadi teman-teman dapat memanfaatkan informasi di berbagai media untuk memperoleh pekerjaan yang kita inginkan.

Cara Dan Syarat Daftar Kartu Kuning

Supaya kita mudah mendapatkan pekerjaan, maka kita harus terdaftar sebagai pencari kerja. Kartu tanda pencari kerja juga di sebut dengan kartu kuning. Kartu kuning atau yang memiliki sebutan formal kartu tanda pencari kerja (AK-1) tersebut merupakan bukti dari seseorang pelamar pekerjaan pada perusahaan dan lembaga atau instansi di Indonesia. Kartu kuning ini wajib di miliki oleh semua pencari kerja di Indonesia yang bersungguh-sungguh mencari pekerjaan. Pemerintah Indonesia juga bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang tersebar di Indonesia terhadapa calon karyawan yang terdaftar sebagai pencari kerja di buktikan dengan melampirkan kartu kuning yang sudah di legalisir.

Baca Juga : Cara Daftar SKCK Terbaru Dan Mudah

Pembuatan kartu kuning dapat di urus di Disnaker ( Dinas Tenaga Kerja) kota masing-masing. Ada beberapa dokumen dan syarat untuk membuat kartu kuning di Disnaker, yaitu :

1. Foto berwarna ukuran 3×4 (sesuaikan kebutuhan)
2. Foto kopi KTP
3. Foto kopi ijazah pendidikan terakhir
4. Foto kopi transkip nilai
5. Foto kopi surat keterangan pengalaman bekerja (bila ada)
6. Isi form yang di berikan petugas Disnaker (isi lengkap)
7. Stopmap (Semua dokumen di masukkan menjadi satu ke dalam stopmap)

Setelah semua dokumen kita masukkan ke dalam stopmap, kita sudah siap untuk mendaftar dan mengantri menunggu panggilan dari petugas Disnaker. Daftar kartu kuning di Disnaker dapat kita lakukan dengan cara manual ataupun dengan online. Di bawah ini merupakan penjelasan cara daftar kartu kuning atau kartu tanda pencari kerja (AK-1) baik secara manual maupun secara online, yaitu :

1. Cara daftar kartu kuning secara manual

Membuat kartu kuning secara manual dapat kita lakukan dengan cara datang langung ke kantor Dinas Tenaga Kerja. Kita dapat mendaftar ke kantor Disnaker sebelum jam 13.00 WIB. Kemudian hal yang paling penting kita jangan sampai lupa untuk membawa dan melengkapi semua beberapa dokumen di atas. Antrilah dengan rapi sampai nama kita di panggil oleh petugas Disnaker dan pastikan surat kuning kita / kartu tanda pencari kerja (AK-1) sudah jadi dan kita perbanyak untuk di legalisir.

Baca Juga : Contoh Daftar Riwayat Hidup CV Untuk Lamar Kerja

2. Cara daftar kartu kuning secara online

Cara daftar kartu kuning yang ke dua dapat kita lakukan dengan cara online. Melalui online, kita tidak perlu datang ke kantor Disnaker. Cukup melalui handphone androit atau computer yang kita miliki di rumah dan tersambung dengan internet yang memadai.
Melalui online, kita dapat mengunjungi website resmi dinas tenaga kerja yaitu http://infokerja.depnakertrans.go.id, http://infokerja.naker.go.id/
• Isi semua formulir pada website disnaker untuk pendaftaran atau pembuatan kartu kuning
• Insert dan sisipkan foto sesuai ukuran formal Disnker untuk pendaftaran surat kuning
• Lampirkan dan isikan ketrampilan atau keahlian yang kita miliki secra detail
• Pendaftaran selesai

Kita dapat memilih salah satu daftar kartu kuning yang kita anggap paling mudah dan tidak menyita waktu kita. Mudah bukan mendaftar kartu kuning. akan tetapi mendaftar kartu kuning secara online, tidak dapat langsung jadi seketika. Kita perlu datang ke kantor Disnaker untuk mengambil kartu kuning yang sudah jadi dan sah di keluarkan. Selain itu, kita juga perlu membawa semua berkas lengkap dan asli sebagai bukti dokumen yang kita lampirkan pada pendaftaran via online.

Demikianlah cara daftar kartu kuning, semoga dapat membantu.

Related Post

Cara dan Syarat Daftar Kartu Kuning | | 4.5