Cara Mudah Perpanjang STNK Terbaru dan Mudah

Monday, May 15th, 2017 - Umum
Advertisement

Cara Mudah Perpanjang STNK – Hobi traveling dan jalan-jalan, maka pastikan perjalanan kita aman, nyaman, dan menyenangkan. Selain kita hobi jalan-jalan, kita yang sering sekali bepergian jauh maka tepat sekali untuk membaca artikel ini. Kita sebagai warga negara Indonesia yang taat dengan aturan negara, kita memiliki kewajiban membayar dan menyisihkan sebagian penghasilan kita untuk membayar pajak. Pajak kendaraan bermotor di Indonesia pada umumnya ada dua, yaitu pajak kendaraan bermotor dan pajak kendaraan mobil. Terutama kita yang memiliki kendaraan bermotor, penting sekali untuk di perhatikan. Perpanjangan STNK harus benar-benar di perhatikan mengingat membayar pajak kendaraan bermotor adalah suatu kewajiban kita sebagai pengguna atau pemilik motor.

Cara Perpanjang STNK

Membayar pajak kendaraan bermotor atau perpanjang STNK harus di lakukan rutin setahun sekali sebelum jatuh tempo yang tertera pada surat tanda nomor kendaraan.. Untuk mengetahui kapan tanggal jatuh tempo STNK kita, kita bisa melihat tanggal jatuh tempo di STNK motor kita. Untuk mencegah jatah waktu STNK kita habis, maka segera lakukan perpanjangan STNK jauh-jauh hari sebelumnya. Perlu kita ingat lagi, pajak atau perpanjangan STNK motor kita memiliki masa aktif sementara. Apabila kita tidak memperpanjang surat tanda nomor kendaraan, maka kita akan di kenakan sanksi berupa denda yang sudah di atur pada undang-undang negara. Nah, karena kita adalah rakyat sekaligus warga negara yang baik, kita harus aktif dan segan untuk memperpanjang STNK kita sebelum kadaluarsa.

Ada banyak proses dan cara perpanjang STNK atau membayar pajak kendaraan bermotor. Berikut ini akan kita jelaskan apa saja syarat dan bagaimana cara memperpanjang STNK yang dapat kita lakukan secara mudah dan cepat.

1. Perpanjang STNK di Samsat

Sebelum datang ke kantor samsat, ada beberapa syarat yang harus kita bawa. Syarat-syarat tersebut adalah :

• STNK lama (surat tanda nomor kendaraan)
• Foto kopi KTP (kartu tanda penduduk)
• Foto kopi SIM (surat Izin Mengemudi) bila di perlukan
• BPKB

Untuk kendaraan atau motor yang belum memiliki BPKB / kredit, maka bisa membawa surat pernyataan dari pihak yang bersangkutan dan berwenang (leasing beserta legalisir). Namun bila kita sudah memiliki BPKB motor kita. Setelah syarat sudah siap, maka dokumen siap kita bawa masuk ke kantor untuk di proses. Kemudian tunggu sampai nama kita di panggil untuk melakukan proses selanjutnya. Biasanya untuk memperpanjang STNK di lakukan secara step by step dan runtut. Jadi kita harus ramah dan sabar mengantri di kantor antrian samsat.

Baca Juga : Contoh Surat Pernyataan Kehilangan KTP, Ijazah, SIM, STNK, BBKB dan Lainya

2. Perpanjang STNK secara online

Kabar gembira bagi kita yang ingin memperpanjang STNK kendaraan bermotor, karena proses perpanjang STNK sudah bisa kita melalui internet. Dengan memanfaatkan internet, kita bisa mengurus segala keperluan perpanjang pajak secara online. Presiden telah memutuskan peraturan yang berbunyi “untuk pelayanan atas penerimaan pembayaran pajak STNK dapat di lakukan melalui transaksi elektronik” sesuai pada Perpres RI nomor 5 tahun 2015 pasal 16. Perpanjang STNK dengan cara ini akan meminimalisir praktik percaloan ilegal pada proses kepengurusan perpanjang STNK. Sekarang proses perpanjang STNK secara online sudah hampir bisa di lakukan di semua kantor samsat di Indonesia terutama di samsat kota kita.

Baca Juga : CARA DAFTAR SIM ONLINE TERBARU DAN MUDAH

Kedua cara tersebut adalah cara yang biasa di gunakan ketika melakukan perpanjangan STNK. Mesipun banyak sekali calo yang menawarkan diri untuk membantu kita untuk kepengurusan perpanjangan STNK, namun kita harus bisa menolak dan selalu waspada terhadap tersebut. Terlebih untuk diri kita sendiri, memperpanjang STNK secara mandiri dengan bantuan atau prosedur samsat adalah cara terbaik untuk menghindari para calo. Apabila kita tidak bisa mengurus perpanjangan STNK sendiri, boleh di wakilkan dengan syarat memiliki surat kuasa atau dengan melampirkan bukti syarat-syarat / dokumen yang asli seperti STNK, KTP, SIM, BPKB orang yang bersangkutan. Sekian.

Related Post

Cara Mudah Perpanjang STNK Terbaru dan Mudah | | 4.5