20 Ciri dan Tanda Gejala Demam Berdarah

Friday, March 17th, 2017 - Kesehatan
Advertisement

Ciri dan Tanda Gejala Demam Berdarah – Demam Berdarah menjadi salah satu penyakit endemik yang sering terjadi di indonesia. Bahkan Indonesia telah menduduki peringkat kedua negara endemis demam berdarah. Ada beberapa faktor yang dapat menjadikan penyakit Demam berdarah muncul di berbagai daerah yaitu banyaknya populasi dari nyamuk demam berdarah. Untuk itu berbagai langkah telah dilakukan oleh pemerintah untuk bisa menumpas atau mengurangi kejadian demam berdarah. Salah satu langkah yang sering kita dengar adalah 3M yaitu menguras, menutup dan mengubur.

Ciri Ciri Demam Berdarah

Selain jumlahnya yang tinggi efek dari penyakit demam berdarah pun berbahaya bahkan sering mengakibatkan kematian. Bahkan dalam satu tahun bisa menyebabkan puluhan hingga ratusan penderita demam berdarah berujung kematian. Terjadinya kasus kematian pada penderita demam berdarah tidak terlepas dari keterlambatan penanganan keluarga untuk mengenali tanda dari penyakit demam berdarah. Pasalnya jika tidak segera ditangani maka akan mengakibatkan perdarahan yang serius sehingga mengakibatkan kematian. Maka dari itu perlu kita mengetahui berbagai tanda dan gejala dari penyakit demam berdarah tersebut.

Penyebab Demam Berdarah

Sudah banyak diketahui kalau demam berdarah disebabkan oleh virus yang dibawah oleh nyamuk. Dimana nyamuk tersebut adalah Aedes Aegypti. Namun selain nyamuk tersebut ada juga nyamuk Ae albopictus yang menjadi agen penular dari penyakit demam berdarah. Dimana ada 4 tipe virus dengue yang menjadi penyebab demam berdarah yaitu DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4. Dari ke empat jenis virus dengue tersebut DEN-3 lah yang menjadi salah satu jenis terbanyak di Indonesia.

Populasi nyamuk Aedes Aegypti yang menjadi penyebab demam berdarah terjadi karena beberapa faktor yaitu curah hujan, suhu, ketinggian diatas permukaan laut, sanitasi dan kepadatan pendukuk.

Ciri Tanda Gejala Demam berdarah

Tanda dan Gejala dari demam berdarah begitu komplek sehingga untuk menguji penderita benar benar positif menderita demam berdarah haruis dilakukan uji laboratorium. Nah berikut adalah Ciri Tanda Gejala Demam berdarah :

1. Mengalami demam tinggi selama 2-7 hari secara mendadak

Virus dengue yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan viremia sehingga tubuh akan merangsang PGE2 di hipotalamus sehingga suhu tubuh akan meningkat.

2. Mengalami Petekie

Petekie atau bintik bintik merah merupakan tanda yang sering terjadi pada penderita demam berdarah. Hal itu diakibatkan oleh pendarahan akibat pembesaran kapiler. Sehingga darah bisa keluar dibawah kulit. Gejala petekie ini bisa terjadi dimana saja.

3. Ekimosis

Pada penderita demam berdarah juga bisa mengalami ekimosis karena adanya perdarahan akibat gangguan pembukan darah atau kekurangan trombosit. Ekimosis berbeda dengan ptekie. Ekimosis memiliki bentuk yang lebih besar dengan warna bitu kehitaman.

4. Purpura

Sama halnya dengan ekimosis dan ptekie. Seorang penderita diabetes juga dapat mengali purpura akibat adanya sebuah perdatahan

5. Epitaksis

Epitaksis merupakan nama lain dari mimisan. Perdarahan yang diakibatkan oleh memam berdarah memnag bisa merambat kemana mana salah satunya terjadi perdarahan di hidung atau mimisan.

Baca Juga ; Ciri dan Tanda Gejala Penyakit Usus Buntu

6. Perdarahan Gusi

Tidak hanya hidung saja karena gusi juga bisa mengalami perdarahan.

7. Hematemesis

Hematemesis merupakan gejala seseorang yang mengalami muntah darah. Dimana darah tersebut berasal dari lambung.

8. Melena

Selain hematemesis, saluran pencernaan yang mengalami perdarahan bisa berakibat melena atau BAB yang bercampur dengan darah

9. Hematuria

Perdarahan pun bisa terjadi pada saluran perkemihan. Jika terjadi perdarahan pada saluran perkemihan maka bisa terjadi adanya hematuria atau kencing darah.

10. Hepatomegali

11. Nyeri perut

Ketika sebuah perdarahan dibagian perut maka penderita akan merasakan sakit perut.

12. Mialgia

Ketika perdarahan terjadi terus menerus maka otot bisa juga mengalami sebuah perdarahan sehingga pendeerita akan merasakan nyeri atau sakit pada otot

13. Nyeri Kelapa

Sebuah proses perdarahan yang terus menerus akan membuat penderita demam berdarah mengalami hipovolemi akan kekurangan volume cairan sehingga efek yang ditimbulkan salah satunya adalah pusing atau nyeri kepala

14. Efusi Pleura

Paru-paru dan rongga dada di batasi oleh sebuah cairan tipis. Akan tetapi jika perdarahan terjadi maka cairan tipis tersebut akan semakin banyak terisi cairan sehingga bisa mendesak paru paru sehingga akan merasakan sesak nafas atau nyeri. Cairan terisi tidak hanya cairan bening saja karena bisa terisi oleh cairan darah. Jika penderita demam berdarah telah mengalami efusi pleura maka itu sudah masuk dalam kondisi yang parah.

15. Efusi perikardium

Tidak hanya efusi pleura saja karena perdarahan akibat demam berdarah juga bisa berefek pada efusi perikardium sehingga penderita bisa mengalami nyeri dada atau gangguan jantung.

16. Trombositopenia

Trombositopenia merupakan salah satu tanda demam berdarah yang pasti muncul. Trombositopenia merupakan kondisi seorang yang memiliki kadar trombosit yang dibawah normal. Dimana trombosit memiliki fitur yang penting yaitu untuk membantu proses pembekuan darah. Jika kadar trombosit kurang maka proses pembekuan darah kurang maksimal sehingga bisa terjadi perdarahan.

17. Uji torniquet yang positif.

Baca Juga : Makanan Untuk meningkatkan Kadar Trombosit

18. Peningkatan hematokrit

Selain di lakukan tes kadar trombosit. Tes laboratorium lain yang dilakukan adalah tes jumlah sel darah merah atau Hematokrit.

19. Suhu turun

Suhu yang turun bisa diakibatkan oleh adanya hipovolemia akibat perdaharan. Jika suhu tubuh menurun maka itu merupakan sebuah fase yang kritis.

20. Kejang

Akibat dari proses perdarahan yang berlarut larut maka akan mengakibatkan hipovolemi. Akibat dari hipovolemi tersebut akan membuat berbagai cairan penting akan hilang sehingga kadar cairan tidak seimbang. Hal tersebutlah yang bisa mengakibatkan penderita demam berdarah bisa mengalami kejang.

21 Penurunan kesadaran

Akibat proses hipovolemik yang berlanjut maka bisa terjadi syok. Syok hipovolemik tersebut akan mengakibatkan kesadaran yang menurun jika tidak segera ditangani.

Demikian lah informasi kami mengenai Ciri dan Tanda Gejala Demam Berdarah. Jika anda menemukan beberapa tanda perdarahan pada orang terdekat anda sebaiknya memeriksakan hal itu lebih lanjut ke dokter agar jika terjadi DBD maka bisa segera ditangani. Jika ada kekeliruan silahkan hubungi kami.

Related Post

20 Ciri dan Tanda Gejala Demam Berdarah | | 4.5