Ciri Tanda Gejala Penyakit Herpes

Thursday, February 2nd, 2017 - Kesehatan
Advertisement

Ciri Tanda Gejala Penyakit Herpes – Herpes merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang akan membuat kulit menjadi ruam dan berbintik seperti gerombolan versikel unilateral. Hal tersebut terjadi karena serangan dari virus Varicella. Dimana virus varicella sendiri juga menjadi penyebab terjadinya penyakit cacar atau varisela. Virus Varicella ini dapat menyerang dan menginfeksi kulit mana saja termasuk kulit di bagian tangan, kaki dan leher. Penyakit herpes bisa muncul kapan saja karena virus Varicella tidak tergantung oleh musim.

Herpes

Di Indonesia sendiri penyakit herpes ini terjadi kurang lebih 1% pertahunya. Dimana seiring dengan meningkatnya usia maka seseorang akan lebih rentang terkena herpes karena daya imun yang rendah. Namun ada juga beberapa faktor pencetus yang membuat seseorang lebih rentan terkena herpes yaitu seperti adanya luka, gangguan percernaan, demam, obat, obatan, alkohol, penyakit infeksi dan lain sebagainya. Penyebabnya memang berbeda beda tergantung jenis herpes yang sedang di alami. Penyakit herpes sendiri ada berbagai macam jenis yaitu herpes zoster dan herpes simplek. Herpes zoster terjadi akibat adanya serangan virus varisela yang terjadi di berbagai kulit terutama wajah, bibir, leher dan lainya. Sedangan herpes simplek bisa diakibatkan oleh adanya hubungan. Maka tidak heran jika herpes simplek ini terjadi pada mulut atau pada genital.

Adanya tanda ruam atau bintik bintik yang berisi cairan tersebut terasa nyeri dan terkadang justru akan membuat penderita tidak percaya diri ketika adanya ruam pada wajah.Selain itu adanya proses infeksi dari virus varisela akan membuat penderita mengalami demam atau hipertermi. Selain itu penyakit herpes ini dapat menular lewat sebuah hubungan atau lewat kontak kulit. Jika penyakit herpes terus dibiarkan maka dapat merasakan rasa nyeri yang terus menerus atau justru ruam kulit tersebut semakin menyebar ke kulit lainya atau bahkan menular ke orang lain. Selain itu penyakit herpes juga dapat menyebabkan komplikasi lain yaitu stress dan kelelahan yang berlebihan jika tidak segera ditangani. Untuk itu kita perlu mengenal ciri tanda gejala atau menifestasi klinis dari penyakit herpes

Ciri Tanda Gejala Penyakit Herpes

Herpes Zoster

  1. Bebarapa gejala prodomal akan terjadi 1-4 hari pada penderita herpes seperti adanya demam, sakit kepala, kemerahan, kelelahan, malaise rasa terbakar dan kesemutan.
  2. Muncul ruam kemerahan atau bintik bintik yang berisi air pada suatu daerah kulit.
  3. Merasakan rasa nyeri pada daerah yang muncul ruam.
  4. Penderita herpes juga bisa mengganggu kesehataan mata karena akan muncul beberapa gejala pada mata saat seseoran menderita herpes seperti mata kemerahan, kering, pandangan kabur dan pembengkakan kelopak mata.
  5. Akan muncul luka baru di daerah kulit lainya hingga 4 hari. Namun terkadang juga bisa terjadi hingga 7 hari.
  6. Erupsi kulit yang terjadi dapat mengakibatkan adanya jaringan parut.
  7. Muncul hasil positif saat di lakukan pemeriksaan laboratorium Tzanck Smear.
  8. Muncul hasil positif ketika dilakukan tes Immunofluororescent. Dimana tes tersebut untuk mendeteksi adanya virus varisela dalam kulit

Baca Juga : Ciri dan Tanda Gejala Penyakit Usus Buntu

Herpes Simplek

  1. Akan muncul rasa panas, terbakar pada daerah yang terserang virus.
  2. Selanjutnya akan muncul bintik bintik berair yang bergerombol dalam satu daerah kulit. Bintik berair tersebut mudah pecah dan mengakibatkan adanye bekas luka yang akan terasa nyeri. Untuk herpes simple biasnaya bintik bintik muncul pada paha,pangkal paha dan juga genital.
  3. Kemudian penderita herpes akan menagalami hipertermi atau demam.
  4. Selain demam penderita juga bisa merasakan lemas dan nyeri otot.
  5. Akan terjadi pembesaran pada kalenjar getah bening pada bagian yang terserang oleh virus tersebut
  6. Pada pemeriksaan laboratorium Tzanck Smear akan muncul hasil positif seperti herpes zoster.
  7. Adanya bakteri varisela dalam kulit menggunakan tes Immunofluororescent.

Baca Juga : Manfaat Buah Naga

Selain dari ciri tanda gejala diatas hampir mirip dengan penyakit infeksi kulit lainya sehingga. Jadi untuk mendeteksi apakah positif menderita herpes maka dilakukan sebuah pemeriksaan diagnostik seperti Pemeriksaan histopatologik, mikroskop electron, kultur virus, identifikasi anti gen dan kultur dari cairan vesikel. Setelah positif menderita herpes maka akan ada tindakan selanjutnya seperti pengobatan topical seperti pemberian bedak salicyl dan juga pengobatan sistemik dengan mengkonsumsi obat acyclovir. Selain itu diberikan pula obat analgetik untuk mengurangi rasa nyeri yang terjadi ketika terkena herpes. Selain melalui obat obatan anda juga bisa menggunakan kompres pada daerah yang terserang. Namun selain itu ada beberapa terapi spesifik lainya yang dapat membantu menyembuhkan herpes zoster atau simplek lebih cepat. Nah sekian informasi medis kali ini Ciri Tanda Gejala Penyakit Herpes semoga bermanfaat untuk anda.

Ciri Tanda Gejala Penyakit Herpes | | 4.5