Contoh Surat Kuasa Yang Baik dan Benar

Monday, December 5th, 2016 - Umum
Advertisement

Contoh Surat Kuasa Yang Baik dan Benar – Surat kuasa merupakan surat yang cukup penting untuk kita gunakan apabila kita tidak bisa mengurusi suatu keperluan, kemudian dalam kepengerusan kepentingan anda tersebut dapat di wakilkan dan di uruskan oleh orang kepercayaan anda. Surat kuasa merupakan surat yang bersifat resmi dan formal. Tidak hanya bersifat resmi dan formal, namun juga dalam surat kuasa tersebut juga berisikan tentang kuasa anda untuk di wakilkan oleh kerabat, keluarga dan orang yang anda percayai sebagai wakil kuasa anda.

Contoh Surat Kuasa

Surat kuasa adalah surat yang memiliki fungsi sebagai surat pengurusan seperti pengurusan pembayaran administrasi tertentu, kepengurusan dokumen-dokumen penting, pengambilan gaji, pengambilan uang tunai, dan masih banyak surat kuasa penting yang dapat di gunakan sebagai mestinya. Kemudian dari pada itu, surat kuasa berbeda dengan surat lamaran kerja, surat pengunduran diri dari kerja, dan daftar riwayat hidup (curriculum vitae). Terkadang surat kuasa masih dianggap asing oleh masyarakat awam.

Hal yang biasa terjadi pada masyarakat umum kita adalah meminta pertolongan untuk di uruskan masalah pembayaran, perpanjangan surat penting, dan kepengurusan dokumen yang tidak mungkin bisa di urus sendiri karena berbagai alasan. Masyarakat awam memang masih belum mengetahui seberapa penting dan apa saja tujuan dari pada surat kuasa tersebut. Di zaman yang sudah maju, kini kita sudah tidak lagi di repotkan dalam hal pembuatan surat kuasa. Kita sudah di fasilitasi internet sehingga bisa browsing pada kotak pencarian google. Atau apabila anda masih kebingungan dengan contoh surat kuasa, maka anda boleh meniru dan mencontoh surat kuasa di bawah ini. Di bawah ini merupakan contoh surat kuasa yang dapat menambah anda referensi dalam membuat surat kuasa sendiri.

Contoh Surat Kuasa I

Pati, 28 Maret 2016

Saya yang bertanda di bawah ini :
Nama : Susilowati Ningrum
Pekerjaan : Pegawai Swasta di PT Sido Muncul Pati Indonesia
Alamat : Jl. Anggrek No. 07 B Pati

Dengan ini memberikan kuasa kepada
Nama : Rizquna
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat : Jl. Anggrek No. 07 B Pati
Keperluan : Mengurus Simcard Kartu As di Galery Telkomsel Pati

Surat kuasa ini saya buat berhubungan saya sedang bekerja di PT. Sido Muncul Pati. Demikian surat kuasa ini saya buat dengan sebenar-benarnya, sehingga dapat di pergunakan sebagaimana mestinya.

Yang menerima Kuasa                       Yang memberi Kuasa

Susiliwati                                              Ningrum Rizquna

Surat kuasa memiliki banyak jenis. Ada surat kuasa kedinasan, perseorangan dan ada pula surat kuasa istimewa yang pada umumnya isinya mengenai suatu masalah yang berkaitan dengan hukum atau pengadilan. Surat kuasa kedinasan yang bernaung di bawah suatu lembaga tertentu juga sangat penting di bubuhi nomor surat. Untuk menambah pengetahuan anda, maka kita bagikan pula syarat membuat surat kuasa yang baik dan benar, antara lain adalah :

1. Surat kuasa perorangan dapat di buat karena yang bersangkutan sendiri tidak dapat melaksanakan dan mengurus sendiri tanpa suatu paksaan apapun.
2. Surat kuasa pribadi atau perorangan tidak membutuhkan nomor surat, karena bersifat pribadi dan informal
3. Surat kuasa kedinasan atau surat kuasa instansi harus mencantumkan nomor surat
4. Surat kuasa pengambilan gaji, dana, bonus dan lain sebagainya hendaknya memberikan kuasa kepada orang yang benar-benar di percaya dan terdekat seperti contoh keluarga atau kerabat. Hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak inginkan seperti penipuan.

Baca Juga :

5. Isi dari pada surat kuasa tersebut haruslah mencantumkan maksud, tujuan atau keperluan dengan jelas
6. Surat kuasa yang baik dan benar apabila mencantumkan tempat/tanggal, nama jelas sang pemberi dan penerima kuasa, alamat yang jelas,dan di tanda tangani ke dua belah pihak yang bersangkutan yaitu pemberi kuasa dan penerima kuasa
7. Khusus untuk Surat kuasa kedinasan atau instansi resmi, maka harus di bubuhi cap atau stempels lembaga yang bersangkutan.

Demikianlah contoh surat kuasa sederhana dan mudah. Anda boleh menambahkan contoh surat kuasa di atas untuk anda jadikan referensi. Selain itu surat kuasa juga harus memiliki syarat-syarat tertentu karena bertujuan dalam pembuatan surat kuasa anda tertuju pada maksud anda dalam membuat surat kuasa tersebut. Maka dari itu syarat pembuatan surat kuasa di atas juga perlu anda perhatikan. Semoga dapat membatu.

Related Post

Contoh Surat Kuasa Yang Baik dan Benar | | 4.5