Kadar Normal Gula Darah Manusia Menurut WHO

Tuesday, September 27th, 2016 - Kesehatan
Advertisement

Kadar Normal Gula Darah Manusia Menurut WHO – Gula darah atau glukosa adalah salah satu zat yang terdapat dalam darah. Bagi orang umum ketika mendengar kata gula darah maka identik dengan penyakit kencing manis atau diabetes melitus. Hal tersebut memang ada benarnya pasalnya ketika seseorang memiliki penyakit Diabetes melitus maka kadar gulanya akan tinggi. Gula darah atau glukosa di dapatkan dari makanan yang mengandung karbohidrat misal nasi, jagung, kentang dan lain lain.

Kadar gula darah yang tinggi pada penderita DM diakibatkan oleh adanya gangguan pada pankreas yang tidak bisa berfungsi secara optimal. Dimana hormon insluin jumlahnya kurang atau tidak bisa berfungsi dengan baik untuk membahwa gula atau glukosa menuju sel. Sehingga sel akan kekurangan glukosa dan disisi lain kadar gula/ glukosa dalam darah akan meningkat sehingga darah akan semakin kental. Maka dari itu penderita Diabetes melitus yang kekurangan gula di dalam sel akan mengakibatkan sering merasa lapar (polifagia), sering merasa haus (polidipsia) dan juga sering kencing (poliuria).

Glukometer

Lalu berapa kadar normal dari gula darah manusia?. Dalam pengecekan kadar gula darah ada beberapa jenis hasil pemeriksaanya yaitu kadar gula darah puasa, kadar gula darah sewaktu dan kadar gula darah 2 jam setelah makan. Kadar gula darah memang sangat dipengaruhi oleh makanan sehingga hasilnya pun akan berbeda beda.

Kadar gula darah sewaktu.
Pengukuran kadar gula darah sewaktu di ambil dalam waktu yang tidak ditentukan baik setelah makan ataupun sebelum makan. Dimana nilai kadar normalnya yaitu 80-120 mg/dL atau 4.4-6.6 mmol/L. Namun nilai tersebut tidak bisa menjadi patoka karena kadar gula darah kita bisa tinggi ketika setelah makan makanan yang banyak mengandung gula.

Baca Juga :

Kadar Glukosa darah puasa 2 jam
Dalam pengambilan hasil dari gula darah untuk yang satu ini di lakukan 2 jam setelah terakhir pasien makan. Pengukuran seperti ini dimaksutkan untuk mengetahui seberapa baik fungsi pankreas dalam membawa gula darah ke dalam sel sebagai sumber energi. Kadar normalnya tentu berbeda dengan hasil tes gula darah sewaktu yakni adalah 70-110 mg/dl

Kadar Gula Darah Puasa
Pemeriksaan yang bisa dikatakan paling akurat untuk menemukan kadar gula darah sebenarnya adalah kada gula darah puasa. Dimana klien akan berpuasa selama 8 jam sebelum di ambil sampel darahnya untuk dicek kadar glukosa darahnya. Dimana kadar normalnya adalah 70 hingga 99 mg/dL (3.9 to 5.5 mmol/L). Jika kadar gula darah puasa lebih dari 100 maka belum tentu orang tersebut menderita diabetes karena pengecekan harus dilakukan secara berulang ulang.

Selain faktor makanan yang mempengaruhi kadar gula ada banyak faktor lain diantaranya fungsi hati, obat, aktifitas dan juga tingkat stres dari klien. Maka dari itu untuk menentukan seseorang menderita Dm harus dilakukan secara rutin. Namun tidak hanya kadar gula tinggi saja yang berbahaya karena kadar gula darah rendah atau hipoglikemi juga berbahaya. Sekian informasi kali ini tentang Kadar Normal Gula Darah Manusia semoga memberikan manfaat untuk anda semua. Jika ada salah informasi silahkan kontak saya.

Related Post

Kadar Normal Gula Darah Manusia Menurut WHO | | 4.5