Rahasia Manfaat Buah Belimbing Beserta Kandungan Gizinya

Tuesday, November 15th, 2016 - Kesehatan
Advertisement

Manfaat Buah Belimbing Beserta Kandungan Gizinya – Negara Indonesia merupakan negara yang termasuk dalam wilayah tropis sehingga beberapa jenis buah buahan bisa tumbuh subur. Salah satu buah buahan yang cocok untuk di tanam di iklim tropis adalah buah belimbing. Buah belimbing memiliki ciri khas tersendiri yakni memiliki bentuk bintang. Di Indonesia buah belimbing ini mudah sekali untuk di tanam sehingga kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan buah belimbing disekitar kita dari pasar tradisional hingga mall mall besar. Selain di Indonesia buah belimbing ini juga ada di beberapa negara asia lainnya seperti Malaysia, Filipina, Vietnam dan India.

Buah Belimbing

Buah belimbing memiliki beberapa jenis dari yang mempunyai rasa asam hingga yang manis. Untuk rasa yang manis tentu sangat enak untuk kita konsumsi dengan berbagai cara. Selain dari segi rasa buah belimbing juga memiliki beraneka ukuran dari yang kecil hingga yang besar. Di Indonesia buah belimbing di konsumsi dalam berbagai cara mulai dari yang di jus, dimakan langsung hingga yang di buat menjadi rujak. Beraneka rasanya yang beragam ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mengkonsumsinya. Karena di dalam buah belimbing terdapat banyak kandungan gizi yang tersimpan mulai dari vitamin A hingga vitamin C.

Kandungan Buah Belimbing

Selain mengandung Vitamin A dan C di dalam buah belimbing juga terdapat berbagai macam zat gizi yang baik untuk kesehatan kita. Dimana dalam: 100 g buah belimbing terdapat 1 g protein, 2,8 g serat dan masih banyak lagi yang lainya. Nah berikut adalah kandungan gizi lengkap dari buah belimbing per 100 g :

Kalori : 31 kkal
Karbohidrat : 6.73 g
Gula : 3.98 g
Serat makanan : 2,8 g
Lemak : 0.33 g
Protein : 1,04 g
Vitamin A : 66 ug
Tiamin (B 1 ) : 0.014 mg
Riboflavin (B 2 ) : 0,016 mg
Niacin (B 3 ) : 0,367 mg
Asam pantotenat (B 5 ) : 0,391 mg
Vitamin B 6 : 0,017 mg
Folat (B 9 ) ; 12 mg
Kolin : 7,6 mg
vitamin C : (41%) 34,4 mg
vitamin E : (1%) 0,15 mg
Kalsium ; 3 mg
Besi : 0,08 mg
Magnesium : 10 mg
Manggan : 0,037 mg
Fosfor : 12 mg
Kalium : 133 mg
Sodium : 2 mg
Seng 0,15 mg

Manfaat Buah Belimbing

Setiap buah mempunyai berbagai manfaat tersendiri termasuk buah belimbing. Buah belimbing di kenal kaya akan vitamin C sehingga bermanfaat untuk membuat daya tubuh anda lebih kenal sebagai penangkal radikal bebas. Selain manfaat tersebut ada beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari buah belimbing yang mudah kita temukan. Nah berikut adalah daftar manfaatnya :

Peningkat kekebalan tubuh
Buah belimbing mempunyai kandungan vitamin c yang cukup banyak yaitu 34,4 mg per 100 g. Itu memberikan lebih dari setengah kebutuhan harian vitamin C anda. Vitamin C yang larut dalam air tersebut merupakan antioksidan yang kuat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda sehingga anda tidak mudah rentan terkena penyakit infeksi ataupun flu.

Mengatasi peradangan
Jumlah antioksidan yang tinggi dan flavanoid membantu mengatasi peradangan yang terjadi. Selain itu vitamin c yang terkandung dalam buah belimbing mampu menghasilkan kolagen. Dimana kolagen ini bermanfaat untuk perbaikan tulang dan pembuluh darah sehingga tetap sehat.

Pencegah Kanker
Penyakit kanker merupakan penyakit ganas yang semakin tahun jumlah penderitanya semakin meningkat. Kanker merupakan penyakit yang akibatkan oleh serangan radikal bebas. Dimana adanya radikal bebas dalam tubuh kita membuat proses perkembangan sel begitu cepat. Perkambangan sel sel yang begitu cepat justru membuat sel kanker merusak DNS dan sel sel lainya. Dengan adanya vitamin c yang terkandung dalam buah belimbing dapat memperlambat adanya serangan radikan bebas yang merupakan awal penyebab dari penyakit kanker.

Menurunkan berat badan
Salah satu ciri khas makanan yang baik untuk diet atau menurunkan berat badan adalah mempunyai kadar lemak jahat yang rendah, kandungan air yang tinggi, mengandung serat dan mineral yang tinggi. Nah ciri khas tersebut dapat kamu temukan di dalam buah belimbing. Kandungan serat akan memperlancar proses pencernaan sehingga anda akan merasa kenyang lebih lama. Selain itu buah yang mengandung banyak air menjadi buah yang pas untuk mengatasi hidrasi dalam tubuh. Sehingga jika anda kehilangan banyak cairan saat melakukan progam olahraga untuk menurunkan berat badan maka air yang terkandung dalam buah belimbing dapat mengatasi hal tersebut.

Memelihara tekanan darah dan jantung
Tekanan darah dan kesehatan jantung merupakan satu hal yang penting untuk kita pelihara. Dimana tubuh membutuhkan nutrisi seperti kalium dan natrium agar jantung tetap sehat dan tekanan darah dapat terkontrol. Selain itu jantung juga membutuhkan magnesium karena dapat mengatur fungsi otot tubuh termasuk otot jantung. Nutrisi yang dibutuhkan untuk jantung dan tekanan darah agar tetap sehat tersebut ada di dalam buah belimbing yang lezat itu. Selain itu buah belimbing juga memiliki kadar lemak yang rendah sehingga mengurangi resiko adanya kolesterol jahat yang dapat membentuk plak di dalam pembuluh darah. Dimana plak di dalam pembuluh darah dapat menghambat proses peredaran darah ke seluruh tubuh.

Baca Juga :

Mencegah anemia dan meningkatkan perfusi jaringan
Buah belimbing mengandung zat besi. Dimana zat besi ini merupakan zat penting untuk meningkatkan kadar hemoglobin. Dimana hemoglobin ini berfungsi untuk mengantarkan oksigen agar bisa tersalurkan seluruh organ tubuh atau biasanya disebut sebagai perfusi jaringan. Jika seseorang kekurangan zat besi maka bisa terjadi anemia sehingga penderita akan mengalami pucat, sakit kepala, letih dan juga lesu. Dalam penyerapan zat besi dibutuhkan vitamin c agar zat besi yang terkandung dalam makanan bisa terserap dengan baik. Tentu sudah kita ketahui kalau Vitamin C banyak terdapat di buah belimbing.

Memperlancar proses pencernaan.
Agar proses pencernaan lancar maka dibutuhkan serat. Buah belimbing adalah buah yang memiliki kandungan serat yang cukup sehingga dapat memperlancar proses pencernaan anda. Didalam proses pencernaan serat akan menyerap banyak air dan melunakkan tinja sehingga proses pembuangan tinja akan berjalan lancar.

Awet Muda
Kandungan vitamin c yang merupakan antioksidan di dalam buah belimbing bermanfaat untuk kulit kita. Dimana selain untuk mengurangi munculnya keriput dan menunda gejala penuaan pada umumnya, vitamin c juga bisa memperbaiki masalah jerawat.

Peringatan

Selain memiliki banyak manfaat mengkonsumsi buah belimbing ternyata memiliki efek negatif terutama untuk penderita gagal ginjal ataupun baju ginjal. Kandungan oksalat yang terdapat dalam buah belimbing merupakan zat yang sering menjadi terjadinya batu dalam ginjal.

Nah sekian informasi kami tentang dunia kesehatan mengenai Rahasia Manfaat Buah Belimbing Beserta Kandungan Gizinya  semoga bisa bermanfaat.

Related Post

Rahasia Manfaat Buah Belimbing Beserta Kandungan Gizinya | | 4.5