28 Manfaat Buah Kiwi Untuk Rambut, Kulit dan Kesehatan

Wednesday, January 11th, 2017 - Kesehatan
Advertisement

Manfaat Buah Kiwi Untuk Rambut, Kulit dan Kesehatan – Buah kiwi merupakan buah yang kurang familiar di indonesia. Buah kiwi memiliki bentuk yang hampir sama dengan buah anggur dan buah sawo serta memiliki ciri warna yang khas yaitu hijau kecoklatan. Apabila anda makan buahnya, maka akan terasa lembut sekali di lidah. Buah kiwi memiliki banyak penggemar. Bahkan semua kalangan dari anak-anak, remaja, dewasa sampai pada orang tua sangat menyukainya. Banyak yang mengatakan dengan bukti penelitian ilmiah, bahwa buah kiwi mengandung banyak vitamin. Selain itu, buah kiwi juga terdapat banyak khasiat dan manfaat penting untuk tubuh serta kecantikan untuk kulit dan wajah.

Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Kulit Rambut

Buah kiwi memiliki dua jenis yaitu buah kiwi berwarna coklat dan kuning keemasan. Daging dari buah kiwi berwarna hijau sangat terlihat cantik sekali hampir menyerupai isi atau daging buah tomat apabila di belah bagian tengahnya. Apabila anda memiliki penyakit tertentu, mungkin dapat anda coba dengan mengkonsumsi buah kiwi. Namun yang paling penting anda harus berkonsultasi terlebih dahulu untuk keamanan mengkonsumsi buah kiwi. Buah kiwi memang sangat mengandung banyak manfaat untuk kesehatan, namun jangan asal mengkonsumsinya. Karena tanpa berkonsultasi pada dokter atau kepada ahlinya terlebih dahulu di lain waktu kemungkinan akan terjadi efek samping atau hal-hal yang tidak di inginkan.

Selain daging dari buah kiwi, manfaat lain yang terdapat pada buah kiwi adalah kulitnya. Kulit buah kiwi terdapat antioksidan yang cukup tinggi. Maka dari itu buah kiwi cukup sebagai bukti untuk di jadikan sebagai buah sekaligus obat. Sayangnya buah kiwi ini tidak di jual dengan bebas di pasar atau kios toko buah. Karena mengingat harga buah kiwi yang cukup mahal, maka buah kiwi dapat kita dapatkan di toko tertentu seperti indomaret, alfamart, dan di mall-mall besar yang tersebar di kota anda.

Kandungan Buah Kiwi

Buah Kiwi dikenal dengan buah yang memiliki kandungan vitamin C yang melimpah. Karena dalam 100 g vitamin c sudah mencukupi kebutuhan harian vitamin c anda. Selain vitamin c kamu juga akan menemukan kandungan vitamin k yang cukup banyak yakni 40,3 mcg. Selain vitamin c dan k kamu juga akan mendapatkan beberapa zat gizi penting dalam buah kiwi yang akan membuat anda menjadi sehat. Nah berikut adalah kandungan gizi buah kiwi :

Kalori
Buah kiwi mengandung kalori yang tidak banyak. Dimana per 100 g buah kiwi hanya terdapat 61 kalori saja. Kalori yang rendah sering menjadi makanan favorit untuk mereka yang sedang diet.

Karbohidrat dan serat
Karbohidrat yang bisa ditemukan dalam buah kiwi juga sedikit yakni hanya 14,7 g per 100 g buah kiwi. Namun kandungan serat yang terdapat dalam buah kiwi bisa dibilang baik karena tersedia 3 g serat. Jumlah tersebut sudah mencukupi 12% kebutuhan harian serat anda. Serat yang cukup banyak akan mebantu melancarkan pencernaan anda.

Lemak
Tidak sedikit buah yang tidak mengandung lemak jenuh termasuk buah kiwi ini. Bahkan dibuah kiwi tidak terdapat zat lemak jenuh sama sekali. Justru di dalam buah kiwi mengandung lemak tak jenuh sebesar 0,3 g yang akan membantu untuk menurunkan kolesterol anda. Selain itu ada juga kandungan asam lemak Omega 3 dan 6 yang memiliki banyak manfaat.

Protein
Protein yang ditemukan dibuah kiwi tidak begitu banyak karena hanya terdapat 1,1 g dan itu hanya sebanding dengan 25 kebutuhan protein anda

Vitamin
Buah kiwi menjadi buah dengan sumber vitamin yang baik. Dimana terdapat banyak vitamin di dalamnya mulai dari vitamin A hingga vitamin K. Dimana kandungan vitamin c adalah yang paling banyak dimana dalam 100 g buah kiwi saja sudah terdapat 92,7 mg dan itu setara dengan 155% kebutuhan harian anda. Kandungan kedua vitamin terbanyak adalah vitamin K dengan 40,3 mcg per 100g atau sebanding dengan 50% kebutuhan vitamin K harian anda. Sedangkan beberapa kandungan vitamin lainya antara lain Vitamin A, B6, Niasin, E, Kolin, Folat, betain dan asam panthotenat.

Mineral
Selain vitamin, kandungan mineral dalam buah ini juga cukup lengkap mulai dari kalsium hingga selenium. Nah berikut adalah tabel daftar mineral yang ada di dalam buah kiwi :

Mineral Jumlah kebutuhan harian
Kalsium 34,0mg 3%
Besi 0,3mg 2%
Magnesium 17.0mg 4%
Fosfor 34,0mg 3%
Kalium 312mg 9%
Sodium 3.0mg 0%
Seng 0,1mg 1%
Tembaga 0,1mg 6%
manggan 0,1mg 5%
selenium 0,2mcg 0%

sumber : nutritiondata.self.com/

Manfaat Buah Kiwi Untuk Rambut, Kulit dan Kesehatan

Mengkonsumsi buah kiwi akan mendapatkan berbagai nutrisi penting untuk kita. Dimana nutrisi tersebut memiliki manfaat untuk kesehatan rambut dan juga kulit kita. Nah berikut adalah daftar manfaat buah kiwi :

Sebagai Antioksidan
Buah kiwi mengandung banyak vitamin c. Vitamin c sudah lama dikenal sebagai zat yang memiliki sifat antioksidan. Saat ini antioksidan diperlukan untuk menangkal berbagai agen radikal bebas yang semakin kuat untuk menyerang organ tubuh kita. Dimana akibat serangan radikal bebas bisa menyebabkan infeksi atau penyakit kanker. Untuk itu sangatlah penting untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin c termasuk buah kiwi ini.

Menurunkan kadar kolesterol
Pasti anda sudah mengerti kalau kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh merupakan sesuatu yang tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Buah kiwi menyediakan serat dan juga lemak tidak jenuh cukup banyak yang akan membantu untuk menurunkan kadar kolesterol anda. Sehingga anda bisa terhindar dari penyakit kardiovaskuler.

Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi buah kiwi 2-3 buah perhari menunjukkan kadar lemak dalam darah bisa menurun sekitar 18%.

Memperlancar dan menyehatkan pencernaan
Untuk membuat proses pencernaan kita bisa berjalan dengan lancar maka tubuh membutuhkan serat. Serat yang ada di dalam buah kiwi cukup banyak sekitar 3 g. Selain memperlancar pencernaan serat juga akan mengurangi resiko kita untuk terkena kanker usus besar.

Mengontrol gula darah
Selain dikenal baik untuk memperlancar pencernaan, serat juga bisa membantu tubuh kita untuk mengontrol kadar gula darah. Kadar gula darah yang tinggi bisa mengakibatkan berbagai efek buruk pada kesehatan kita karena akan merusak beberapa organ. Buah kiwi hadir dengan kandungan serat yang bermanfaat untuk kesehatan organ anda sehingga baik untuk anda konsumsi setiap harinya.

Mengurangi gejala osteoarthritis dan rheumatoid arthritis
Penyakit osteoarthritis dan rheumatoid arthritis merupakan penyakit infeksi yang cukup sering menyerang lansia. Adanya kedua penyakit tersebut akan mengganggu pergerakan mobilitas anda. Untuk mengatasi gejala infeksi dari penyakit tersebut anda bisa mengkonsumsi buah kiwi. Karena buah kiwi mengandung vitamin c yang berlimpah. Dimana dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin c mampu untuk mengurangi gejala dari kedua penyakit tersebut.

Mengurangi resiko asma
Makanan yang memiliki vitamin c termasuk buah kiwi bisa bermanfaat untuk mengurangi gejala mengi pada penderita asma. Dimana penyakit asma bisa kambuh akibat beberapa agen seperti debu dan kedinginan. Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh 18.000 anak di Italia menyebutkan bahwa 33% gejala sesak nafas berkurang dengan mengkonsumsi buah jeruk dan kiwi per minggu 5-7 porsi.

Sebagai makanan diet berat badan
Buah kiwi hadir dengan kalori yang sedikit sehingga aman sebagai makanan yang sedang menjalankan program diet berat badan. Selain itu ada juga kandungan vitamin C yang akan membantu untuk mengurangi lemak tubuh anda sehingga berat badan anda tidak bertambah. Selain itu didukung juga kandungan serat yang cukup melimpah yang akan memperlancar pencernaan anda sehingga menjadi buah yang tetap untuk mendampingi program penurunan berat badan

Mengatasi sembelit
Sembelit merupakan suatu kondisi seseorang yang sedang mengalami kondisi susah buah air besar. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan serat seperti buah kiwi yang cukup banyak adalah solusinya.

Meningkatkan mood
Buah kiwi mengandung serotonin yang bermanfaat untuk meningkatkan memori dan suasana hati. Selain itu konsumsi buah kiwi secara rutin dapat membantu anda untuk mengatasi masalah insomnia dan kurang nafsu makan. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa serotonin dapat membantu seseorang untuk bisa tidur lebih efisien.

Menjaga Kesehatan Tulang
Kandungan mineral yang berlimpah dalam buah kiwi bermanfaat untuk terus menjaga tulang anda menjadi sehat. Dimana di dalam buah kiwi mengandung kalsium dan juga fosfor. Kalsium dan fosfor merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang. Selain itu ada juga vitamin k. Dimana Vitamin K akan membantu mengatur beberapa zat mineral yang merupakan unsur tulang akan bisa tersimpan dengan benar.

Mengatasi jamur dan bakteri
Jamur dan bakteri merupakan parasit yang akan merugikan kesehatan tubuh kita. Buah kiwi telah terbukti terdapat zat antijamur dan anti antibakteri untuk melindungi anda dari serangan parasit tersebut

Membantu mengendalikan tekanan darah
Tekanan darah yang tidak stabil bisa disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah keseimbangan elektrolit darah kita. Kandungan kalium yang tinggi dalam buah kiwi akan bermanfaat untuk menjaga elektrolit darah tetap stabil. Kandungan buah kalium dalam buah kiwi sekitar 312 mg per 100 g. Selain itu di dalam buah kiwi kamu juga akan mendapatkan lemak tak jenuh dan asam lemak omega 3 dan 6 yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Dimana kolesterol akan membuat plak dalam pembuluh darah sehingga akan mempersempit pembuluh darah yang berakibat tekanan darah bisa naik.

Menyeimbangkan alkaline dalam tubuh
Tubuh kita harus memiliki sifat asam/basa yang seimbang. Buah kiwi telah menjadi salah satu buah dengan tingkat asam yang tinggi. Untuk itu buah kiwi akan menjadi salah satu pasokan yang akan menyeimbangkan tingkat keasaman tubuh anda. Tingkat asam dan basa dalam tubuh yang tidak seimbangkan mengakibatkan mual. Selain itu asam basa yang seimbang juga membantu kulit anda untuk tetap sehat dan sistem kekebalan yang kuat.

Menjaga kesehatan jantung
Salah satu penyebab jantung bermasalah adalah karena adanya kadar kolesterol dalam tubuh yang membentuk aterosklerosis yang menyumbat pembuluh darah ke jantung anda. Mengkonsumsi buah kiwi akan dapat menurunkan kadar kolesterol tubuh anda. Dimana ada kandungan serat serta lemak tidak jenuh dalam buah kiwi yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh anda. Selain itu ada juga kandungan kalium dalam buah kiwi yang akan membantu jantung anda tetap sehat.

Baik untuk ibu hamil
Saat ibu hamil maka kebutuhan nutrisinya akan meningkat. Buah kiwi telah memiliki kandungan nutrsi yang lengkap mulai dari vitamin hingga mineral. Selain itu buah kiwi juga mengandung asam folat yang merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan sijanin. Ada juga kandungan serat yang tinggi yang akan mengatasi sembelit yang seringkali dihadapi oleh ibu hamil.

Vitamin C yang kaya dalam buah kiwi juga akan berfungsi sebagai antioksidan dan kekebalan tubuh agar bakteri serta jamur tidak mudah masuk ke dalam janin.

Baca Juga : Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Dan Kandungan Gizi

Menjaga kesehatan hati.
Hati merupakan organ penting dalam tubuh yang mengatur beberapa pengolahan zat bergizi. Dengan memakan buah yang memiliki sifat antioksidan akan membantu mengurangi kerusakan hati akibat serangan radikal bebas

Mengatasi gejala demam berdarah.
Demam berdarah merupakan penyakit yang akan mengakibatkan perdarahan dalam tubuh kita karena kadar trombosit yang sedikit. Buah kiwi memiliki vitamin k yang akan membantu pembekuan darah sehingga akan mengurangi gejala perdarahan yang ada saat terkena demam berdarah.

Di dalam sebuah studi telah menyebutkan baha dengan mengkonsumsi buah kiwi selama 2-3 perhari menunjukkan peningkatan kadar trombosit yang signifikan.

Meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah
Hemoglobin yang rendah sering terjadi pada penderita anemia. Buah kiwi telah menyediakan zat besi yang cukup untuk membantu memenuhi kebutuhan zat besi harian anda. Zat besi dikenal sebagai nutrisi yang berguna untuk memelihara dan memproduksi sel darah merah

Mengatasi sariawan
Sudah kita ketahui bahwa vitamin c yang ada dalam buah kiwi ini sangat melimpah. Dimana vitamin c akan membantu mengatasi sariawan yang sedang anda alami. Selain itu komposisi buah kiwi yan mengandung banyak air juga bermanfaat untuk menjadi hidrasi mulut yang kering akibat sariawan.

Mengurangi resiko perdarahan.
Pada saat kita mengalami luka maka darah bisa mengalir dengan terus menerus jika tubuh tidak bisa membekukanya. Salah satu zat yang dapat membantu tubuh anda untuk melakukan pembekuan darah dengan cepat saat ada luka yaitu vitamin k. Untuk mendapatkan vitamin K yang cukup anda bisa mengkonsumsi dan buah buahan termasuk buah kiwi ini.

Menjaga mata tetap sehat
Salah satu kerusakan mata seseorang ketika menginjak usia lansia adalah adanya degenerasi makula. Selain mengkonsumsi buah wortel anda juga bisa mengkonsumsi buah kiwi. Dimana selain mendapatkan vitamin c kamu juga akan mendapatkan vitamin a yang bisa membantu membuat makula mata anda tetap sehat.

Baca Juga : 14 Manfaat Buah Rambutan

Meremajakan kulit
Selain memiliki manfaat untuk kesehatan kamu juga bisa mengambil buah kiwi untuk memberikan manfaat pada kulit anda. Buah kiwi telah menyediakan nutrisi penting untuk meremajakan kulit anda seperti Vitamin C, Vitamin e dan juga antioksidan. Selain dimana secara langsung kamu juga bisa memanfaatkan buah kiwi sebagai topikal.

Melembabkan kulit
Kandungan vitamin E yang kamu temukan dalam buah kiwi akan membantu membuat kulit cantik anda tetap lembab dan tidak mudah kering. Selain itu kandungan air dalam buah kiwi juga akan menjadi hidrasi yang baik untuk kulit anda.

Mencegah penyakit kulit
Buah kiwi mengandung asam lemak omega 3 yang akan menciptakan membran sel yang sehat dan mengurangi resiko untuk terkena kanker kulit.

Mengatasi kulit wajah berminyak
Memiliki kulit wajah yang berminyak secara berlebihan merupakan suatu masalah. Untuk mengatasinya anda bisa membuat perawatan dengan menggunakan buah kiwi. Diman caranya dengan menumbuk buah kiwi secara halus lalu mencampurkanya dengan perasan lemon lalu tinggal kamu oleskan ke wajah berminyak anda.

Mengatasi jerawat
berbagai perawatan alami telah digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Salah satu bahan untuk membuat perawatan secara alami adalah dengan buah kiwi. Anda bisa mencampurkan buah kiwi dan berbagai buah lainya yang sama sama bermanfaat untuk menghilangkan jerawat anda.

Mengatasi rambut rontok
Rambut rontok yang terus menerus dibiarkan akan membuat rambut kita tidak tebal dan kebotakan. Maka dari tiu cobalah untuk mengatasinya dengan berbagai bahan alami disekitar kita. Dimana buah kiwi mengandng vitamin C dan E yang akan membuat rambut anda menjadi kuat.

Melambabkan rambut
Rambut yang kering akan membuatnya susah diatur. Buah kiwi telah menyediakan asam lemak omega 3 yang akan membantu rambut anda menjadi lembab sehingga mudah untuk ditata.

Perhatian Mengkomsumsi buah kiwi

Meski memiliki banyak manfaat penting untuk kesehatan kan tetapi untuk beberapa kondisi harus diperhatikan dalam mengkonsumsi buah kiwi. Bagi anda yang memiliki riwayat alergi oleh beberapa buah maka sebaiknya anda menghindari buah ini. Karena bisa jadi anda juga alergi dengan buah ini.

Selain itu untuk seseorang yang sedang mengalami diare sebaiknya menghindari buah kiwi karena kandungan serat yang cukup tinggi dalam buah kiwi tentu akan membuat diare yang dialami semakin parah.

Saya informasi diatas mengenai buah kiwi mulai dari kandungan gizi buah kiwi, manfaat buah kiwi untuk rambut, kulit dan kesehatan serta perhatian mengkonsumsi buah kiwi sudah memberikan gambaran jelas tentang buah ini.  Sekian informasi kali ini Semoga membantu !.

Related Post

28 Manfaat Buah Kiwi Untuk Rambut, Kulit dan Kesehatan | | 4.5