Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Dan Kandungan Gizi

Wednesday, November 23rd, 2016 - Kesehatan
Advertisement

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Dan Kandungan Gizi – Pisang merupakan buah yang sangat familiar di telinga kita maka tidak heran jika kita mudah melihatnya di meja makan sebagai pencuci mulut. Tanaman buah pisang merupakan salah satu tumbuhan tropis dan termasuk tumbuhan liar yang dapat hidup dengan sendirinya tanpa proses dan teknik penanaman khusus. Tanaman buah pisang juga sering kali di jumpai di hutan, di pantai, di sepanjang rawa, pegunungan, di sawah dan di lingkungan rumah. Tanaman dari buah pisang juga memiliki bentuk daun yang lebar dan besar. Dimana daun buah pohon pisang juga bisa dimanfaatkan sebagai pembungkus nasi dan aneka makanan. Sedangkan buahnya bisa kita makan dengan berbagai olahan.

Pisang

Saat ini buah pisang sudah tersebar di berbagai belahan dunia seperti di Asia Tenggara dan Australia. Buah pisang juga memiliki banyak jenis dan ukuran. Anda yang sangat gemar mengkonsumsi buah pisang dapat memilih bentuk dan jenis sesuai selera. Pada wilayah pedesaan atau perkampungan, banyak masyarakat setempat yang menggunakan buah pisang sebagai bahan pelengkap sesaji. Buah pisang di percaya sebagai buah yang memiliki unsur mistik yang cukup kental. Apalagi untuk mendapatkan buah pisang sangat mudah. Pada kebanyakan masyarakat desa tidak perlu susah payah membelinya di pasar, karena mayoritas tanaman buah pisang dapat dikembangbiakkan di pekarangan rumah. Jadi ketika masyarakat membutuhkan buah pisang, cukup dengan cara memetiknya.

Tidak hanya daunnya saja, akan tetapi buah pisang juga terdapat manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Contoh manfaat yang paling mudah kita jumpai dan rasakan adalah buah pisang dapat di jadikan sebagai pengganjal perut. Buah pisang memiliki kandungan serat dan karbohidrat yang tinggi sehingga perut akan mudah terasa kenyang setelah mengkonsumsinya.

Kandungan Buah Pisang

Selain mendapatkan serat dan karbohidrat yang tinggi, memakan buah pisang juga akan mendapatkan beberapa zat nutrisi yang ada di dalamnya mulai dari protein hingga vitamin C. Untuk daftar nutrisi lengkapnya pada pisang anda bisa melihatnya dibawah ini :

Kalori : 837 kk
Karbohidrat : 51,4 g
Serat : 5,9 g
Protein : 2,5 g

Vitamin
Vitamin A : 144 IU
Vitamin C : 19,6 mg
Vitamin E : 0,2 mg
Vitamin K : 1,1 mcg
Thiamin : 0,1 mg
Riboflavin : 0,2 mg
Niacin : 1,5 mg
Vitamin B6 : 0,8 mg
Folat : 45 mcg
Kollin : 22 mg

Mineral
Kalsium : 11,3 mg
Besi : 0,6 mg
Magnesium : 60,8 mg
Fosfor : 49,5 mg
Kalium : 806 mg
Sodium : 2.3 mg
Seng : 0,3 mg
Tembaga0,2 mg
manggan :0.6 mg
selenium : 2.3 mcg

Manfaat Buah Pisang

Buah pisang memang kaya akan manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Salah satu manfaat hebat dari buah pisang adalah kadar kalium yang tinggi sehingga dapat menjaga kesehatan jantung anda. Namun masih banyak manfaat lain yang terkandung pada buah pisang. Di bawah ini adalah manfaat buah pisang untuk kesehatan adalah :

Menjaga Mata Tetap Sehat
Mata yang sehat diperlukan nutrisi yang cukup. Salah satu nutrisi penting untuk menjaga mata anda tetap sehat yaitu Vitamin A dan C. Vitamin A dan C merupakan antioksidan sekaligus menjaga nutrisi yang baik untuk kesehatan mata. Untuk mendapatkan zat vitamin a dan c anda bisa mencoba mengkonsumsi buah pisang. Selain itu di dalam buah pisang juga terdapat beta karoten yang terkenal bermanfaat untuk memperbaiki sel sel mata yang rusak. Kandungan lutein dalam buah pisang juga memberikan manfaat untuk para mengurangi resiko adanya degenerasi makula.

Mengontrol tekanan darah
Buah pisang memiliki kandungan kalium yang cukup banyak dan sodium yang rendah. Menurut FDA kalium yang tinggi dan sodium yang rendah merupakan kombinasi yang tepat untuk mengontrol tekanan darah agar tetap dalam rentang normal.

Menurunkan berat badan
Di dalam buah pisang terdapat 90 kalori dan tinggi serat sehingga cocok untuk seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Karena kandungan kalori yang cukup membuat anda tetap kenyang sehingga menahan seseorang untuk tidak terlalu banyak makan dan serat yang tinggi akan membuat proses pencernaan akan berjalan dengan lancar. Kandungan serat juga akan menghambat pelepasan hormon ghrelin sehingga menjaga seseorang untuk tidak makan secara berlebihan dan membantu menurunkan berat badan secara alami. Selain itu di dalam buah pisang juga tidak ada kandungan lemak sehingga sangat pas untuk diet anda.

Anti Kanker
Kanker merupakan penyakit serius yang menjadi momok bagi manusia modern. Untuk menghindari atau mengurangi resiko terkena kanker ada beberapa hal yang mesti lakukan. Selain mengurangi dari paparan radiasi anda juga bisa mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung antioksidan dan salah satunya adalah buah pisang. Buah pisang mengandung beberapa antioksidan seperti Vitamin C dan Delphinidin. Selain itu kandungan serat yang terdapat dalam buah pisang juga mengurangi resiko untuk bisa terkena penyakit kanker.

Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan vitamin C, Vitamin b6, serat dan kalium merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskuler lainya. Di dalam buah pisang mengandung kalium yang tinggi yakni 806 mg. Dimana kadar kalium tersebut sudah memenuhi 23% kebutuhan kalium harian anda. Dalam sebuah studi bahwa konsumsi kalium yang baik akan mengurangi resiko untuk bisa terkena penyakit gangguan jantung dan stroke. Selain itu anda juga bisa mendapatkan manfaat kalium dalam buah pisang untuk membantu kepadatan tulang anda.

Membantu Tulang Tetap Kuat
Sumber kalsium yang terdapat dalam pisang memang tidak hanya yaitu kurang dari 1% kebutuhan tubuh harian anda. Akan tetapi di dalam buah pisang memiliki fructooligosaccharide yang merupakan salah satu prebiotik yang mampu membantu memaksimalkan proses penyerapan mineral termasuk kalsium. Kalsium merupakan nutrisi yang sangat penting dalam proses pertumbuhan tulang sehingga bisa mengurangi resiko terkena osteoporosis.

Memperlancar proses pencernaan
Buah pisang mengandung serat yang cukup melimpah yakni 5,9 g dan itu memenuhi sekitar 23% kebutuhan serat harian anda. Serat sangat bermanfaat untuk memperlancar proses pencernaan terutama pada saat BAB sehingga tidak terjadi sembelit. Dari proses pencernaan yang lancar juga akan mengurangi resiko terjadinya kanker usus. Selain itu dari dalam buah pisang juga ada terdapat pati resisten. Dimana pati resisten akan menjadi makanan bagi bakteri usu yang menguntungkan. Namun untuk pati resisten hanya terkandung dalam buah pisang yang masih mentah sehingga jika ingin mengkonsumsinya pastikan tambahkan sesuatu yang manis agar rasanya tidak terlalu pahit.

Menjaga Kesehatan Ginjal anda
Selain menjaga jantung, kandungan kalium dalam buah pisang juga menjaga kesehatan ginjal anda. Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh sehingga sangat penting untuk kita jaga. Dimana kalium akan mengatur keseimbangan cairan tubuh sehingga dapat meringankan beban kerja dari ginjal. Selain itu buah pisang juga memiliki kandungan polinefol. Dimana polifenol ini merupakan salah satu jenis antioksidan yang berdampak posifif terhadap kesehatan ginjal. Selain itu menurut sebuah penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang makan pisang 4-6 kali dalam seminggu mengurangi resiko untuk terkena penyakit ginjal dibanding dengan orang yang tidak pernah mengkonsumsi pisang.

Baca Juga :

Mengatasi anemia
Anemia merupakan salah satu kondisi kekurangan sel darah merah. Jika anda sedang mengalaminya maka anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi buah pisang. Di dalam buah pisang terdapat kandungan zat besi 0,9 mg. Meski kandungan cuma sedikit akan tetapi buah pisang juga mengandung mineral penting lainya untuk membantu meningkatkan produksi sel darah merah seperti tembaga.

Mengatasi sakit perut
Sakit perut yang melanda bisa jadi mengganggu aktifitas anda. Maka anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi buah pisang. Buah pisang mengandung senyawa yang bisa merangsang sel sel perut untuk untuk menekan sekresi asam sehingga sakit perut anda bisa berkurang. Selain itu didalam perut juga mengandung inhibitor protease yang terbukti bermanfaat untuk menghilangkan berbagai jenis bakteri yang memperparah radang diperut.

Mengatasi perut kembung
Mungkin bagi sebagian orang ketika mengalami perut kembung maka ingin mengatasinya ddengan kerokan. Akan tetapi jika sebaiknya anda mengkonsumsi buah pisang. Buah pisang ini mengandung potassium yang cukup. Dimana potassium memiliki manfaat untuk mengurangi retensi cairan yang ada pada lambung anda.

Mengeluarkan racun dalam tubuh
Zat pektin yang terdapat dalam buah pisang membantu proses dari pengeluaran racun dari dalam tubuh atau dektotifikasi. Dimana racun racun yang terdapat dalam darah akan dikeluarkan melalui urin.

Sumber energi
Pisang merupakan buah yang cukup kaya akan glukosa. Dimana glukosa merupakan sumber energi yang mudah sekali dicerna untuk menjadi energi. Di dalam buah pisang terdapat kandungan gula sekitar 27,5g dalam 100 g buah pisang. Kandungan gula yang tinggi tersebut menjadi makanan yang pas sebelum anda melakukan olahraga.

Mengobati diare
Salah satu penyakit yang sering dialami oleh kebanyakan orang adalah diare. Ketika seseorang menderita diare maka akan kehilangan banyak cairan karena usus tidak menyerap air dan beberapa nutrisi lainya. Salah satu nutrisi yang keluar dari tubuh saat diare adalah kalium. Kalium merupakan nutrisi yang penting sehingga kebutuhan kalium anda untuk harus terpenuhi. Untuk mendapatkan sumber kalium yang hilang akibat diare maka cobalah untuk mengkonsumsi buah pisang.

Mengurangi kadar kolesterol jahat
Kolesterol jahat akan menyebabkan pembuluh darah menjadi sempit karena adanya plak yang menumpuk dalam pembuluh darah sehingga akan beresiko terkena stroke ataupun penyakit kardiovaskuler lainya. Di dalam buah pisang terkandung pitosterol. Dimana zat tersebut akan mengakibatkan penurunan kadar kolesterol jahat seperti yang disebutkan dalam sebuah jurnal penelitian.

Menjaga kadar gula darah tetap stabil
Buah pisang memang mempunyai kadar gula yang banyak akan tetapi kadar lemak sehat dan protein di dalam buah pisang akan memperlambat penyerapan gula ke aliran darah sehingga kadar gula dalam darah anda tetap stabil.

Membakar lemak dalam perut
Pisang mempunyai kadar kolin yang lumayan yakni 12 mg. Dimana kolin sendiri ini berfungsi untuk membakar lemak yang ada di dalam perut anda sehingga perut anda tetap langsing dan tidak buncit. Didalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa setelah mengkonsumsi pisang selama sarapan mampu mengurangi berat badan 5 kg dan 4 inci lingkar perut anda.

Mengurangi insomnia
Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh anak muda adalah insomnia. Salah satu penyebab insomnia adalah pikiran yang tidak rileks. Untuk membuat pikiran menjadi rileks anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi buah pisang. Buah pisang mengandung trytptophan yang membantu meningkatkan relaksasi dan membantu pengaturan tidur.

Meningkatkan masa otot
Untuk meningkatkan masa otot selain dengan latihan anda juga perlu menambahkan berbagai nutrisi penting salah satunya adalah magnesium. Salah satu sumber makan yang menyediakan magnesium cukup adalah buah pisang. Buah pisang mengandung magnesium yang cukup yaitu 60,8 mg. Jumlah tersebut sudah mencukupi 15 % kebutuhan magnesium harian anda.

Peringatan
Bagi penderita penyakit jantung maka sebaiknya menghindari untuk mengkonsumsi jantung. Pasalnya penderita penyakit jantung seringkali sudah diresepi dokter dengan obat beta blocker. Dimana obat tersebut digunakan untuk meningkatkan kadar kalium dalam tubuh. Nah jika kadar kalium terlalu banyak tinggi maka bisa berakibat buruk terhadap jantung anda.

Nah sekian informasi tentang kandungan dan manfaat buah pisang untuk kesehatan. Semoga bisa bermanfaat.

Related Post

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Dan Kandungan Gizi | | 4.5